Andiyes Pesona Jatiraya SigsNet Internet Service
Andiyes Pesona Jatiraya SigsNet Internet Service

tv online

Saturday, January 22, 2011

SEJARAH SEPAK BOLA INDONESIA

SEJARAH SEPAK BOLA INDONESIA

Asal mula terjadinya persepak bolaan di Indonesia masih mengundang perdebatan. Sampai-sampai beberapa dokumen menjelaskan bahwa sejak masa masa romawi,menjelaskan sepak bola besaral dari tiongkok. Dan akhirnya FIFA disebut sebagai badan sepak bola dunia secara resmi menyatakan bahwa sepakbola lain dari daratan cina yaitu berawal dari permainan masyarakat cina abad ke-2 sampai dengan ke-3 SM.olah raga ini saat itu di kenaldengan sebutan “tsu chu “ ketika pada tahun 206 sm.

Pada masa pemerintahan dinasti tsin dan han, masyarakat cina pun disebut dengan tsu chu. Tsu sendiri artinya adalah “ menerjang bola dengan kaki”. Sedangkan shu artinya adalah bola dari kulit dan ada isinya” permainan bola ketika itu menggunakan bola yang terbuat dari kulit binatang. Dengan aturan menendang dan menggiring dan memasukannya kesebuah jarring yang dibentangkan diantaranya dua tiang.

Versi sejaran kuno tentang sepak bola yang lain dating dari negeri jepang. Sejak jabad ke-8. jmasyarakat disana pun sudah mengenal permainan bola. Ketika itu bola yang digunakan adalah dari kulit kijang namun tengahnya berlubang dan berisi udara, permainan sepak bola ketika itu sudah dikenal sejak awal masehi. Pada saat itu mereka sudah mengenal tehnik membawa dan menendang bola yang terbuat dari buntaran kain linen. Dan sejarah persepak bolaan modern dan telah tercapai pengakuan dari beberapa pihak. Asal muasalnya pun berasal dari inggris, yang dimainkan pada pertengahan abad ke-19 pada tingkatan sekolah-sekolah (dasar). Pada tahun 1857 berdiri klub sepakbola pertama didunia, yaiitu sheffieid football club. Klub ini adalah asosiasi sekolah yang menekuni permainan sepak bola. Pada tahun 1863 berdiri asosiasi sepak bola inggris, yang bernama football asosiation (FA). Badan inipun yang mengeluarkan bola, sehingga sepak bola menjadi lebih teratur, terorganisir, dan enak untuk dinikmati penonton, selanjutnya tahun 1886 terbentukla lagi badan yang mengeluarkan peraturan sepak bola modern sedunia. Yaitu : international football asosiation (IFAB). IFAB dibentuk oleh FA inggris dengan Scottish Foot ball Asosiation.ketika itu sejarah sepak bola semakin teruji sehingga saat ini IFAB merupakan badan yang mengeluarkan berbagai peraturan pada permainan sepak bola baik tentang tehnik permainan bahkan sampai pemindahan pemain. Indonesia menjadi keinginan sangat banyak pihak sehingga publik mendapatkan informasi yang sangat jelas, utuh dan ilmiah beberapa sejarah kerajaan berar dinusantara tidak dapat teridentifikasi, sejarah persepakbolaan di ungkapkan di shalimow.com. dilakukan dengan pencarian dan tak kunjung mendapatkan sajian informasi yang memadai demikian juga dengan menelusuri melalui pustaka, mulai dari took buku sampai took buku bekas di kawasa senen tak kunjung juga mendapatkan informasi penting. Sempat terpikir jangan-jangan belum ada satupun dokumen yang valid atasnya kuat yang mengungkap sejarah sepak bola Indonesia, atau paling tidak hasil penelitian sejarah mengenal sejarah sepak bola Indonesia oleh para sejarahwan. Dan ketika itu menuliskan artikel. Mereka yakin akan dugaan bahwa sejarah lahirnya sepak bola Indonesia memang belum ada.kesulitan itupun terjadiketika tidak ditemukannya dokumen sejarah seperti lazimnya peninggalan perbakala yang berupa candi, tulisan di daun lontar, alat-alat dll. Mungkin juga karena olahraga sepak bola dianggap sebagai aktifitas social yang kurang penting sehingga tidak berdokumentasikan dengan baik oleh nenek moyang kita.

No comments:

Post a Comment